KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
panjatkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah makalah Ekonomi Pengantar
yang berjudul “Perkembangan pasar dari zaman dahulu dan sampai sekarang” ini
dapat selesai tepat pada waktunya. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih
kepada dosen pembimbing Pak Didik yang
telah memberi arahan, untuk mempermudah saya membuat makalah ini. Selain itu
kepada pihak yang terkait, saya ucapkan terima kasih.
Demi kesempurnaan makalah ini kedepannya
saya berharap kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pembaca
makalah saya.
Muara
Teweh, 22 April 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
Daftar
isi ......................................................................................................................... i
Kata
pengantar.................................................................................................................. ii
BAB
I............................................................................................... PENDAHULUAN 1
1.1
Latarbelakang.......................................................................................... ....... 1
1.2
Rumusan
masalah........................................................................................... 1
1.3
Tujuan
penulisan............................................................................................. 1
BAB II............................................................................................... PEMBAHASAN 2
2.1 Pengertian pasardanpemasaran....................................................................... 2
2.2 Perkembanganpasarpadazamandahulu.................................................... ....... 2
2.3 Perkembanganpasarpadazamansekarang................................................. ....... 3
2.4 Pasarkompetitif....................................................................................... ....... 5
BAB III PENUTUP.............................................................................................. ....... 7
3.1 Simpulan................................................................................................. ....... 7
3.2 Saran....................................................................................................... ....... 7
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... ....... 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang
Pasar adalah salah satu tempat atau
sarana bagi pembeli-penjual melakukan transaksi barang atau jasa.Dimana mereka setiap harinya membutuhkkan kebutuhan
sehari-harinya. Perkembangan pasar dari zaman dahulu sampai zaman sekarang
mengalami revolusi yang sangat pesat. Dalam hal
ini, melalui pembahasan kali ini mencantumkan beberapa tentang
perkembangan pasar di belahan dunia.
Pada awal abad terjadinya sebuah pasar , melalui makalah ini membahas atau
memaparkan tentang perkembangan pasar selanjutnya.
1.2
Rumusan
masalah
1. Apakah
yang dimaksud dengan pasar?
2. Bagaimana
perkembangan pasar pada zaman dahulu sampai sekarang ?
1.3
Tujuaan
penulisan
Melalui tulisan makalah ini,
harapannya dapat memperluas pengetahuan untuk mahasiswa-mahasiswi tentang
perkembangan pasar dari zaman dahulu sampai zaman sekarang lebihh mendalam
lagi.Selain itu, menjelaskan pasar Indonesia pada zaman lampau,
kemudian penulis mulai mengarahkan penjelasannya pada asal muasal sejumlah
pasar yang cukup merakyat.Dilanjutkan dengan pembahasan cikal bakal pasar
modern hingga munculnya hypermarket.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
pasar dan pemasaran
Secara sederhana, pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Adapun pengertian
pasar menurut kajian ilmu ekonomi adalah suatu tempat atau proses interaksi
antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa
tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar)
dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara
pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara keduanya.
Sedangkan
pemasaran adalah aliran produk secara
fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara (distributor) ke
konsumen. Definisi lain mengenai pemasaran adalah suatu proses sosial dan
managerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan
dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang
bernilai kepada pihak lain. Pemasaran melibatkan banyak kegiatan yang berbeda
yang menambah nilai produk pada saat produk bergerak melalui sistem tersebut.
2.2 Perkembangan
pasarpada zaman dahulu
Sekitar 10.000 tahun yang lalu, makhluk manusia
merupakan jenis manusia pengumpul-pemburu yang memenuhi segala kebutuhannya
dari tumbuh-tumbuhan yang disediakan tak
terbatas oleh alam. Revoluusi pertaniann neolitikum telah mengubah
situasi.Secara bertahap, mereka
meninggalkan pola hidup berpindah-pindah tempat untuk berburu dan mencari
makanan. Kemudian mereka menetap untuk
merawat tanaman yang telah mereka
tanam dan memelihara binatang yang telah
mereka jinakkan. Sejak saat itu, masyarakat menghadapi masalah pemilihan dalam
keterbatasan dan kelangkaan sumber daya.
Keberadaan pasar, sama tuanya dengan peradaban
manusia. Selama manusia membutuhkan barang kebutuhan dan ia tidak bisa
menyediakannya sendiri, maka akan sangat besar kemungkinan sebuah pasar
terbentuk. Kehadiran pasar sudah dicatat sejak zaman Mesir.Bahkan di wilayah
Nusantara pasar-pasar internasional sudah terbentuk di berbagai wilayah pesisir
sejak abad-abad awal Masehi.
Pasar itu berkembang mengikuti dinamika kehidupan
manusia.Tidak ada yang pasti kecuali perubahan, demikian pandangan para
filsuf.Manusia berubah karena senantiasa mempersepsikan dunianya,
mengaktualisasikan dirinya melalui berbagai inovasi.Dan perubahan itu bisa
terjadi akibat adanya inovasi baru yang diciptakan dan tantangan baru yang
dihadapi manusia.
Demikian halnya pasar, ia pun berkembang mengikuti
perkembangan manusia. Berubah dari sebuah pola potlact hingga menjadi pasar
dengan transaksi tanpa tatap muka dengan orang yang tidak dikenal.
a. Surplus,
spesialisasi dan perdagangan
Bersamaan dengan tempat tinggal yang permanen,
revolusi pertanian menghasilkan surplus produksi. Para petani dapat
2.3 Perkembangan
pasar pada zaman sekarang
Istilah pasar pada awalnya diperuntukkan bagi
suatu tempat dimana barang-barang diperdagangkan. Pasar Senen di Jakarta
atau Pasar Mercu Buana di Medan
merupakan contoh modern tentang pasar di zaman ini, dan kebanyakan kota memiliiki
pasar-pasar semacam ini. Teori ekonomi awal berusaha mencari tahu tentang
perilaku harga dalam pasar-pasar seperti itu.Sebagai contoh, mengapa terkadang
Anda dapat memperoleh barang
dengan harga murah di akhir suatu hari dan di hari lain harus membelinya dengan
harga yang terlalu tinggi dibandingkan dengan harga beberapa jam sebelumnya ?
Begitu teori
perilaku pasar berkembang, obyek pembahasan diperluas hingga mencakup komoditi
seperti beras misalnya.Beras dditanam di mana pun di dunia ini dibeli hampir di
setiap tempat, dan harga beras dengan kualitas tertentu hampir seragam di
seluruh penjuru dunia.Bila kita berbicara tentang pasar beras, konsep pasar
telah diperluas jauh di luar pengertian pasar sebagai tempat di mana produsen,
pemilik toko dan keluarga-keluarga saling berdatangan untuk menjual dan
membeli. Para pakar ekonomi membedakan dengan tegas dua jenis pasar yang
utama: pasar produk, dimana dilakukan penjualan output
barang dan jasa, dan pasar faktor produksi, di mana jasa faktor
produksi dijual.
1. Pasar
dan Alokasi Sumberdaya
Istilah alokasi sumber daya mengacu pada berbagai penggunaan. Sumber
daya tidak cukup banyak tersedia untuk menghasilkan semua barang dan jasa yang
akan dikonsumsi. Itulah sebabnya mengapa perlu adanya alokasi sumber daya yang
tersedia pada berbagai kemungkinan penggunaan dan dengan demikian memilih apa
yang akan diproduksi dan apa yang tidak.
Dalam suatu sistem ekonomi pasar, jutaan konsumen mengambil keputusan tentang
komoditi apa yang akan dibeli dan dalam jumlah berapa, sejumlah perusahaan
memproduksi komoditi-komoditi itu dan membelifaktor-faktor jasa produksi yang
dibutuhkan untuk menghasilkannya; dan jutaan pemilik faktor produksi menentukan
kepada siapa mereka akan menjual jasa tersebut.Berbagai keputusan perorangan
ini secara bersamaan menentukan alokasi sumber daya dalam perekonomian.
Dalam sistem ekonomi pasar, alokasi sumber daya
merupakan hasil keputusan independen yang begitu banyak yang dibuat oleh
konsumen dan produsen melalui wahana pasar.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Pasaradalah
tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Adapun pengertian
pasar menurut kajian ilmu ekonomi adalah suatu tempat atau proses interaksi
antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa
tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar)
dan jumlah yang diperdagangkan.
Keberadaan
pasar, sama tuanya dengan peradaban manusia. Selama manusia membutuhkan barang
kebutuhan dan ia tidak bisa menyediakannya sendiri, maka akan sangat besar
kemungkinan sebuah pasar terbentuk. Kehadiran pasar sudah dicatat sejak zaman
Mesir.Bahkan di wilayah Nusantara pasar-pasar internasional sudah terbentuk di
berbagai wilayah pesisir sejak abad-abad awal Masehi.
Istilah
pasar pada awalnya diperuntukkan bagi
suatu tempat dimana barang-barang diperdagangkan. Pasar Senen di Jakarta
atau Pasar Mercu Buana di Medan
merupakan contoh modern tentang pasar di zaman ini, dan kebanyakan kota memiliiki
pasar-pasar semacam ini. Teori ekonomi awal berusaha mencari tahu tentang
perilaku harga dalam pasar-pasar seperti itu.
3.2 Saran
Demikian saran dari kami, besar harapan
kami agar mendapat tanggapan dari pihak yang bersangkutan.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar